TUGAS MANAGEMENT LAYANAN SISTEM INFORMASI
TUGAS 3.1
UNIVERSITAS GUNADARMA
FAKULTAS IMU KOMPUTER DAN TEKNOOGI SISTEM INFORMASI

Standard operasional manajemen IT untuk administrator aplikasi
Aplikasi Administrator, dikenal juga dengan sebutan,
Back-end, Panel Admin atau Panel Kendali adalah, antarmuka dimana para
administrator dan petugas-petugas situs lainnya yang memiliki hak istimewa
. Administrator sebelumnya sudah dipersenjatai oleh ilmu pengetahuan dan
pengalaman dalam bidang teknologi informasi, khususnya dalam hal supporting
system, mulai dari pelacakan masalah (troubleshooting) hardware sampai dengan
troubleshooting masalah sotware. Bahkan dalam profesinya, administrator juga
memiliki sertifikasi untuk spesialisasi tertentu.
Beberapa
tanggung jawab yang diemban oleh jabatan admin aplikasi antara lain :
1. Troubleshooting atau penanganan
masalah
Ini adalah
pekerjaan wajib dari admin dalam mengatasi masalah di dalam jaringan. Admin
wajib menjaga jaringannya supaya dapat beraktivitas secara normal tanpa adanya
masalah. Masalah yang timbul umumnya berupa masalah teknis seperti kerusakan
pada komputer, gangguan pada koneksi internet, kabel yang terputus dan lain
sebagainya.
2. Update atau pemutakhiran
Tugas ini
umumnya berkaitan dengan perangkat lunak, namun tidak menutup kemungkinan juga
perangkat keras. Update sepertinya adalah hal yang sepele namun memiliki dampak
besar dalam jaringan tersebut. Update perangkat lunak misalnya adalah update
sistem operasi dan antivirus, sedangkan update perangkat keras misalnya
penggantian perangkat router atau switch yang sesuai dengan tuntutan jaringan
yang berkembang.
3. Mengatur cadangan data
Tugas dari
admin yang penting lainnya adalah tanggung jawabnya dalam membuat salinan data
sebagai cadangan dari data-data penting miliki suatu jaringan dari perusahaan
atau instansi tertentu. Backup ini berfungsi sebagai cadangan data saat terjadi
hal-hal yang diluar dugaan seperti bencana alam, terhapus data secara tak
sengaja atau kerusakan perangkat keras penyimpanan data. Dengan backup data,
maka admin dapat menyelamatkan data penting perusahaan dan mengembalikannya
seperti semula pada saat tanggal terjadinya backup.
Contohnya : Misalnya
dalam menjalankan SOP eMonev bagi admin eMONEV pada Kota Surabaya,
Kewenangan Admin eMonev antara lain adalah:
a) Membuka akses pengisian relialisasi
(ouput maupun pentahapan output).
b) Melakukan monitoring pengisian
relialisasi (ouput maupun pentahapan output).
c) Melakukan monitoring keterisian
realisasi Output sub kegiatan maupun realisasi pentahapan output.
d) Melakukan sinkronisasi target sub
kegiatan (ouput maupun pentahapan output) pada opsplan
Sumber :
Komentar
Posting Komentar