MLS1 3.3
TUGAS MANAGEMENT LAYANAN SISTEM INFORMASI
TUGAS 3.3
UNIVERSITAS GUNADARMA
3.3 Pengertian dan contoh menggunakan layanan sistem
informasi yang efektif dan cepat tanggap terhadap permasalahan aplikasi yang
digunakan user
Langkah-langkah yang
dapat diambil dengan menggunakan penerapan IT dalam meningkatkan produk serta
layanan yakni dapat dilakukan dengan memanfaatkan kemudahan penggunakan
teknologi dalam bertelekomunikasi,sehingga dengan ini kita dapat dengan mudah
untuk menyebarkan informasi mengenai produk kita yang baru.Dengan istilah lain
adalah information produk share.Selain itu kita juga dapat melakukan
langkah-langkah umum seperti :
Kualitas pelayanan Harus meningkat
dengan pemanfaatan ITyang dimaksudkan dalam hal ini adalah,bahwa sudah jelas
tentunya dengan pemanfaatan IT suatu perusahaan akan meingkat pelayanannya
dengan memanfaatkan teknologi tersebut,seperti dengan adanya customer
service,serta pelayanan bantuan 24 jam mengenai produk dan jasa.Selain itu juga
pelayanan mereka juga dapat dilakukan secara online sehingga akan memudahkan
customer untuk tetap terhubung meskipun tidak memiliki banyak waktu.
Apakah Kualitas Produk
(Quality Product) berpengaruh secara signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan
(customer satisfaction)? Tentunya kualitas produk yang baik akan berpengaruh
kepada kepuasan pelanggan,sehingga perusahaan harus memaksimalkan penggunaan IT
nya untuk meningkatkan kualitas proses pembuatan produk mereka,misalkan yang
mana sebelumnya pembuatan produk dilakukan manual,mulai dibuat dengan
menggunakan mesin(otomasi).Sehingga tentunya akan memberikan hasil produk yang
lebih bagus dan akurat karena pihak perusahaan dapat dengan tepat memberikan
perintah pengerjaan secara berkala pada mesin tersebut.
Apakah Kualitas Pelayanan
(service Quality) dan Kualitas Produk (Quality Product) secara bersamaan
berpengaruh secara signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan (customer
satisfaction)? Setelah 2 pertanyaan diatas mampu perusahaan lakukan dengan
baik,maka selanjutnya adalah tentu kita yakin bahwa produk dan layanan kita
sangatlah memuaskan sehingga pelanggan akan merasa senang dan puas untuk selalu
menggunakan produk perusahaan tersebut
Dengan kata lain,langkah
yang ditempuh untuk memanfaatkan IT guna meningkatkan pelayanan dan produk
diantaranya adalah,
·
Menggunakan IT sebagai media pemberi pelayanan
secara online maupun offline
·
Menggunakan teknologi dalam proses pembuatan
produk(otomasi)
·
Pembukaan website sebagai langkah untuk
mendekatkan diri kepada pelanggan secara online
·
Mempercepat proses pembuatan produk dengan
penggunaan teknologi yang mutahir
·
Pemanfaatan internet sebagai langkah penyampaian
informasi terbaru dari produk maupun layanan
Contoh
Penerapan sistem
informasi manajemen merupakan hal mutlak bagi sebuah institut tak terkecuali
perpustakaan. Bagi perpustakaan OPAC sangat membantu pengguna dalam penelusuran
informasi, selain memudahkan pencarian, juga menghemat waktu. Penerapan sistem
informasi manajemen perpustakaan akan terhambat apabila tidak didukung oleh sarana
prasarana dan sumber daya manusia selaku pengelola perpustakaan.
formasi Manajemen/SIM
merupakan aspek penting yang harus dilakukan/diterapkan oleh Perpustakaan dalam
operasionalnya. Karena secara logis terdapat hukum sebab akibat dimana ketika
operasional perusahaan memberikan dampak negatif maka akan muncul respon yang
besar dari masyarakat. Oleh karena itu, dalam bagian ini akan dipaparkan hasil
penelitian yang didapat berdasarkan instrumen hasil wawancara yang ditanyakan
kepada para responden di lokasi penelitian. Adapun data jumlah responden yang
digunakan untuk hasil penelitian ini sebagai informan adalah 5 orang yang
terdiri dari 3 orang tenaga struktural dan 2 orang pengunjung dengan fokus
pembahasan skripsi, sebagai berikut: Dan kebutuhan buku yang diperlukan juga
selalu ada.
a) Proses
Peminjaman
Peminjaman
buku yang dilakukan harus dikembalikan minimal satu minggu, jika sudah melebihi
dari batas waktu peminjaman maka akan dikenakan sangsi 1 hari Rp. 1000/buku.
Dan apabila buku yang dipinjam hilang maka yang bersangkutan harus menggantikan
sesuai dengan buku yang dipinjam.
b) Masalah
yang ditemui dalam perpustakaan
·
Kehilangan buku
·
Kurangnya sumber daya manusia, juga perlengkapan
komputerisasi.
·
Ruangan yang dipakai masih belum memungkinkan/sesuai
dengan kebutuhan.
Sistem
informasi menjadi prioritas pertama untuk dikembangkan karena besarnya
kekuatankekuatan lingkungan eksternal dan kesamaan dari kekuatan faktor
internal atau institusional. Beberapa sistem gagal karena benturan diantara keadaan
atau lingkungan internal. Faktor-faktor yang dijadikan ukuran keberhasilan
penerapan suatu sistem menurut Laudon yaitu: tingkat penggunaannya relatif
tinggi, kepuasan pengguna terhadap sistem, sikap yang menguntungkan para
pengguna terhadap sistem informasi dan staff dari sistem informasi, tujuan yang
dicapai dan imbal balik keuangan untuk organisasi. Faktor-faktor yang
mempengaruhi kesukesan penerapan sistem informasi, antara lain adanya dukungan
dari manajemen eksekutif, keterlibatan end user (pemakai akhir), penggunaan
kebutuhan perusahaan yang jelas, perencanaan yang matang, dan harapan
perusahaan yang nyata. Sementara alasan kegagalan penerapan sistem informasi
antara lain karena kurangnya dukungan manajemen eksekutif dan input dari
end-user, pernyataan kebutuhan dan spesifikasi yang tidak lengkap dan selalu
berubah-ubah, serta inkompetensi secara teknologi
Sumber:
Basuki, Sulistyo. 1993. Pengantar ilmu
perpustakaan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
O’Brien JA, Marakas G. 2009. Management
Information System. Ninth edition. Boston: Mc Graw Hill, Inc Universitas
Gunadarma
Lucas, Hendry C. Jr. 1987. Analisis Desain
Dan Implementasi Sistem Informasi. Jakarta: Erlangga.
McLeod, Raymond. 1995. Sistem Informasi
Manajemen. Jakarta: PT Indeks
http://muhammaddsucipta.blogspot.co.id/2018/05/33-pengertian-dan-contoh-menggunakan.html
Komentar
Posting Komentar